Sabtu, 05 November 2016

manfaat jeruk nipis

Manfaat dari Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi jumlahnya. Kedua nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain dalam hal kesehatan sistem tubuh, kandungan nutrisi tubuh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Itulah mengapa beberapa manfaat dari jeruk nipis sangat bermanfaat juga bagi kecantikan. Oleh karena itu, untuk memberikan informasi terkait manfaat jeruk nipis. Berikut ini 30 manfaat dari jeruk nipis baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
1). Membantu Penyembuhan Penyakit Pencernaan
Penyakit pencernaan ringan merupakan penyakit yang sangat mengganggu bagi manusia. Diare dan sembelit contohnya, merupakan penyakit yang terkadang sulit diatasi oleh manusia. Padahal sebenarnya, hanya dengan menggunakan jeruk nipis semua masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah.
Konsumsilah air perasan jeruk nipis untuk mengobati penyakit pencernaan anda. Cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, dan mengonsumsinya penyakit tersebut akan teratasi. Kandungan nutrisi pada jeruk nipis sangatlah tinggi dan mampu menggerakkan usus dan melancarkan buang air besar.
2). Menyembuhkan Penyakit Maag
Terkadang terdapat mitos bahwa karna jeruk nipis asam, maka penderita maag tidak boleh mengonsumsinya. Padahal, kandungan dari jeruk nipis ini yang akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung.
Anda tinggal mengambil air perasannya dan campurkan dengan air putih. Konsumsilah air jeruk nipis tersebut secara rutin sebelum makan. Akan tetapi, pastikan untuk langsung mengonsumsi makanan. Dengan melakukannya secara rutin, anda akan mendapati kondisi maag yang lebih baik dari sebelumnya.
3). Menyembuhkan Penyakit Asam Urat
Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang mampu melarutkan asam urat. Itulah sebabnya, jeruk nipis sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Konsumsi jeruk nipis bagi penderita asam urat, dilakukan dengan meminum air perasan jeruk nipis dua kali dalam sehari. Biasakan untuk mengonsumsinya di pagi hari dan sore hari.
Sambil melarutkan asam urat, air perasan jeruk nipis juga mampu melarutkan racun jenis lainnya. Sehingga konsumsi dari air perasan jeruk nipis secara rutin, dapat membebaskan tubuh dari segala racun dan membuatnya kembali segar juga sehat.
4). Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Konsumsi vitamin C yang cukup dapat membantu mencegah penyakit-penyakit menjangkiti manusia. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. itulah alasannya mengapa daya tahan tubuh semakin meningkat dengan dikonsumsinya jeruk nipis.
Kandungan jeruk nipis berupa flavonoid juga akan membantu tubuh untuk membunuh dan memusnahkan virus-virus yang mungkin menjangkiti tubuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jeruk nipis sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
5). Meningkatkan Kemampuan Penglihatan
Sama seperti menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dan flavonoid sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Vitamin C yang kaya akan antioksidan mampu melindungi mata dari segala bentuk ancaman dari dalam seperti kerusakan ataupun penuaan. Sedangkan flavonoid sangat bermanfaat untuk menjaga mata dari ancaman luar seperti iritasi dan infeksi. Sehingga dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin, kemampuan dan kondisi mata pun akan sangat terjaga kualitasnya.
6). Menyeimbangkan pH Tubuh Manusia
pH merupakan tingkat keasaman dalam tabuh manusia. Kondisi tubuh yang sehat merupakan yang bersifat basa bukan asam. Sayangnya, mayoritas makanan yang dikonsumsi oleh manusia cenderung memicu rasa asam bukan basa. Makanan tersebut antara lain adalah nasi, daging, kopi, dan roti. Mengonsumi banyak makanan yang memicu tingkat keasaman, seharusnya dapat dinetralkan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Oleh karena itulah, jeru nipis yang mengandung asam sitrat tinggi baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan pH tubuh manusia.
7). Membunuh Cacing dalam Usus
Keberadaan cacing dalam usus manusia sangatlah berbahaya. Cacing dapat menyerap sari-sari makanan yang dikonsumsi dan membuat manusia kekurangan nutrisi. Selain itu, cacing juga dapat menghambat sistem pencernaan manusia. Oleh karena itu, cacing harus dikeluarkan dari dalam usus.
Jeruk nipis dapat digunakan untuk membunuh cacing dalam usus. Anda dapat mengonsumsi air perasan jeruk yang dicampur dengan air kelapa muda. Konsumsilah tiga kali dalam sehari dan cacing pun akan keluar dari tubuh dengan sendirinya.
8). Mencegah Kanker
Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat saat ini. Efeknya yang sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian, semakin menambah ketakutan masyarakat terjangkit penyakit kanker. Kandungan dalam jeruk nipis ternyata mampu untuk mencegah kanker.
Kandungan tersebut adalah liminoid. Liminoid mampu mencegah kerja radikal bebas dan dengan demikian mencegah juga terjadinya kanker menjangkiti tubuh manusia.
9). Meningkatkan Daya Tahan Pembuluh Darah
Pembuluh darah yang kuat akan memudahkan juga sistem peredaran darah. Jika pembuluh darah tidak kuat, maka akan mudah terjadi pendarahan darah skala kecil. Kandungan jeruk nipis yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan pembuluh darah adalah vitamin C.
Jika terjadi pendarahan pada kulit anda akibat luka gores atau lainnya, segera usapkan jeruk nipis pada luka. Setelah beberapa menit, luka anda telah terbebas dari resiko luka akibat kotor. Begitupun juga dalam menyembuhkan luka lainnya.
10). Membunuh Bakteri Jahat dalam Tubuh
Terdapat beberapa penyakit yang disebabkan oleh keberadaan bakteri. Bakteri tersebut antara lain adalah penyebab dari penyakit tifus, malaria, dan kolera. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karena itulah, jeruk nipis memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri dan menjaga tubuh tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar